QUANTUM TEACHING LEARNING MODEL
QUANTUM TEACHING LEARNING MODEL
Belajar adalah suatu kegiatan yang berproses dan
merupakan unsur yang sangat mendasar dalam penyelenggaraan setiap jenis dan
jenjang pendidikan yang ditempuh
seseorang untuk memperoleh pengetahuan. belajar akan lebih baik apabila subyek belajar
mengalami atau melakukannya, belajar dapat diartikan sebagai kegiatan
psikofisik menuju keperkembangan pribadi seutuhnya.
Proses belajar mengajar yang baik dapat diupayakan
tidak hanya dengan menggunakan satu metode pembelajaran saja, tetapi menggunakan
berbagai metode pembelajaran yang bervariasi dan menarik. Sehingga membuat
suasana belajar tidak membosankan. Suasana pembelajaran yang menyenangkan
tentunya membuat siswa akan senang dalam mengikuti beberapa macam metode
pelajaran.
Metode pembelajaran quantum teaching adalah
perubahan pembelajaran yang meriah, dengan segala nuansanya dan menciptakan lingkungan
belajar yang efektif (De Porter, 2010: 32). Penggunaan metode pembelajaran yang
menarik tentunya akan membuat siswa senang dengan pelajaran yang sedang
diikutinya.
Kata quantum berarti interaksi yang mengubah
energi menjadi cahaya (De Porter, 2010: 34). Quantum teaching menciptakan
lingkungan belajar yang efektif, yaitu dengan cara menggunakan unsur yang ada
pada siswa dan lingkungan belajarnya melalui interaksi yang terjadi di dalam
kelas (Miftahul A’la, 2010: 21). Quantum teaching pertama kali
dilaksanan di supercamp. Supercamp adalah sebuah tempat pendidikan
internasional yang menekankan perkembangan keterampilan akademis serta
keterampilan pribadi.
Quantum teaching menguraikan
cara-cara baru untuk memudahkan proses belajar melalui pemaduan unsur seni
serta pencapaian-pencapaian yang terarah berbagai macam mata pelajaran yang
diajarkan di dalam kelas. Penggunaan metode pembelajaran quantum teaching dapat
menghubungkan keistimewaan dalam belajar sehingga dapat menuju rencana
pembelajaran yang akan meningkatkan prestasi belajar siswa.
Quantum Teaching pada
pembelajaran sains menekankan pada pemberian pengalaman langsung dan kegiatan
praktis untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajah dan memahami
alam sekitar secara ilmiah. Pembelajaran sains disarankan untuk mencari tahu
dan berbuat sehingga membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih
mendalam
tentang
alam sekitar.
Bagaimana
menurut saudara tentang apenerapan model quantum teaching pada mata pelajaran
kimia?
penerapan model quantum teaching salah satu contohnya dengan diterapkannya strategi PAKEM = Pembelajaran, Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Pakem merupakan strategi pembelajaran terpadu yang melibatkan variasi metode, teknik, media/ sumber belajar dan evaluasi hasil belajar.
BalasHapusdalam menerapkan model pembelajaran Quantum guru juga harus mempertimbangkan unsur seni didalamnya, Unsur-unsur seni didalam Quantum Teaching tidak lepas dari gaya belajar yang berbeda yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Ada peserta didik yang belajar dengan cara visual (membaca), Auditorial (mendengar), Kinetik (gerak). Dengan memanfaatkan gaya belajar yang dimiliki setiap pesreta didik, kita dapat membuat mereka bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar (Ramli, 2005). Pertama-tama, jelaskan kepada peserta didik bahwa orang belajar denagn cara yang berbeda-beda, dan semua cara baiknya. Setipap cara mempunyai kekuatan sendiri-sendiri. Dalam kenyataan, kita semua memiliki ketiga gaya belajar itu, hanya saja biasanya satu gaya lebih mendominasi dari pada gaya yang lainnya.
Hapus