QUANTUM TEACHING LEARNING MODEL



QUANTUM TEACHING LEARNING MODEL



Belajar adalah suatu kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat mendasar dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang  pendidikan yang ditempuh seseorang untuk memperoleh pengetahuan. belajar akan lebih baik apabila subyek belajar mengalami atau melakukannya, belajar dapat diartikan sebagai kegiatan psikofisik menuju keperkembangan pribadi seutuhnya.
Proses belajar mengajar yang baik dapat diupayakan tidak hanya dengan menggunakan satu metode pembelajaran saja, tetapi menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi dan menarik. Sehingga membuat suasana belajar tidak membosankan. Suasana pembelajaran yang menyenangkan tentunya membuat siswa akan senang dalam mengikuti beberapa macam metode pelajaran.
Metode pembelajaran quantum teaching adalah perubahan pembelajaran yang meriah, dengan segala nuansanya dan menciptakan lingkungan belajar yang efektif (De Porter, 2010: 32). Penggunaan metode pembelajaran yang menarik tentunya akan membuat siswa senang dengan pelajaran yang sedang diikutinya.
Kata quantum berarti interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya (De Porter, 2010: 34). Quantum teaching menciptakan lingkungan belajar yang efektif, yaitu dengan cara menggunakan unsur yang ada pada siswa dan lingkungan belajarnya melalui interaksi yang terjadi di dalam kelas (Miftahul A’la, 2010: 21). Quantum teaching pertama kali dilaksanan di supercamp. Supercamp adalah sebuah tempat pendidikan internasional yang menekankan perkembangan keterampilan akademis serta keterampilan pribadi.
Quantum teaching menguraikan cara-cara baru untuk memudahkan proses belajar melalui pemaduan unsur seni serta pencapaian-pencapaian yang terarah berbagai macam mata pelajaran yang diajarkan di dalam kelas. Penggunaan metode pembelajaran quantum teaching dapat menghubungkan keistimewaan dalam belajar sehingga dapat menuju rencana pembelajaran yang akan meningkatkan prestasi belajar siswa.
Quantum Teaching pada pembelajaran sains menekankan pada pemberian pengalaman langsung dan kegiatan praktis untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajah dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pembelajaran sains disarankan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam
tentang alam sekitar.
Bagaimana menurut saudara tentang apenerapan model quantum teaching pada mata pelajaran kimia?
 

Komentar

  1. penerapan model quantum teaching salah satu contohnya dengan diterapkannya strategi PAKEM = Pembelajaran, Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Pakem merupakan strategi pembelajaran terpadu yang melibatkan variasi metode, teknik, media/ sumber belajar dan evaluasi hasil belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam menerapkan model pembelajaran Quantum guru juga harus mempertimbangkan unsur seni didalamnya, Unsur-unsur seni didalam Quantum Teaching tidak lepas dari gaya belajar yang berbeda yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Ada peserta didik yang belajar dengan cara visual (membaca), Auditorial (mendengar), Kinetik (gerak). Dengan memanfaatkan gaya belajar yang dimiliki setiap pesreta didik, kita dapat membuat mereka bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar (Ramli, 2005). Pertama-tama, jelaskan kepada peserta didik bahwa orang belajar denagn cara yang berbeda-beda, dan semua cara baiknya. Setipap cara mempunyai kekuatan sendiri-sendiri. Dalam kenyataan, kita semua memiliki ketiga gaya belajar itu, hanya saja biasanya satu gaya lebih mendominasi dari pada gaya yang lainnya.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KETERLAKSANAAN PRAKTIKUM DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA

INOVASI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

ETNOKIMIA DI BUMI PUSAKO BETUAH NEGERI JAMBI (KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KERINCI-JAMBI)